Blog Bisnis PNS

Membangun Blog Bisnis bagi PNS untuk Bisnis Sampingan

Rating: 5. Reviewer: Blog Bisnis PNS - Item Reviewed: Membangun Blog Bisnis bagi PNS untuk Bisnis Sampingan - Support by: Blog Bisnis PNS. Blog Bisnis PNS adalah media informasi bisnis online bagi pegawai negeri sipil di Indonesia melalui blogging..

blog bisnis pns
Membangun Blog Bisnis bagi PNS untuk Bisnis Sampingan - ajang berbagi informasi bagi pegawai negeri sipil yang ingin menjadi blogger sukses dan menghasilkan uang dari ngeblog.

Blog Bisnis Pegawai Negeri Sipil (PNS) dibangun dengan satu tujuan, sebagai media informasi dan diskusi bagi para pegawai negeri sipil yang ingin mengembangkan kemampuan bisnis dan kemampuan menulisnya melalui sebuah blog, atau tepatnya menjadi blogger. Blog Bisnis PNS dibangun menggunakan platform blogger dot com, sebagai sebuah tantangan sekaligus sebagai pembuktian bahwa kini telah ada begitu banyak blogger sukses dan kaya dari platform web blog gratisan besutan google ini.

PNS dan Blogger

Pegawai Negeri Sipil dan blogger. Apa yang bisa menghubungkan keduanya? Pegawai Negeri Sipil bisa menjadi seorang blogger. Itu hal pasti. Dan dengan menjadi blogger, seorang pegawai negeri sipil atau pns dapat saja mengembangkan blog asuhannya menjadi ajang sumber uang bulanan baginya.

Kenapa harus menjadi blogger, jika seorang pegawai negeri sipil ingin menghasilkan uang tambahan? Bukankah banyak jalan bisnis yang bisa digeluti seorang pegawai negeri sipil untuk menghasilkan uang? Bukankah menjadi seorang 'vlogger' juga bisa menjadi pilihan lain untuk itu?

Benar sekali! Begitu banyak cara dan jalan untuk seorang pegawai negeri sipil bisa menghasilkan uang tambahan. Mulai dari bisnis offline (apapun itu jenis bisnis offline) dan bisnis online, sebagai blogger, vlogger, sosmed management, penulis blog, web developer, dan lain sebagainya.
Hanya saja, Blog Bisnis PNS lebih cenderung memilih untuk menjadi seorang blogger, adalah salah satu pilihan paling tepat, mudah dan bisa dijalani cukup dengan modal akses internet dan kemauan untuk menulis. Itu saja.
Okey. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih jauh, bagaimana peluang menjadi seorang blogger bisa dianggap sebagai pilihan paling tepat untuk seorang pegawai negeri sipil dalam bebisnis online dan dapat menjadi sumber penghasilan keuangan yang mumpuni, cukup dengan ngeblog saja. Berikut ini, adalah sederetan alasan tepatnya;
  1. Menjadi Blogger itu Gratis. Untuk menjadi seorang blogger tidak dibutuhkan biaya. Paling tidak kita tidak membutuhkan modal awal yang besar untuk menjadi blogger. Cukup dengan akses internet dan sebuah laptop. Itu saja. Ya! Saat ini laptop bukan lagi menjadi sebuah barang mewah. Mulai dari pelajar, hingga hampir semua pemegang profesi apapun di Indonesia, bisa dipastikan memiliki laptop sendiri. Demikian juga dengan akses internet. Indonesia, bisa dibilang telah 'dipayungi' oleh akses internet, mulai dari perkotaan hingga pelosok tanah air. So... itu modal utamanya.
  2. Semua orang Bisa Menulis. Anda, saya, dan semua orang disekitar kita, bisa dipastikan bisa menulis. Apalagi bagi seorang pegawai negeri sipil. Aktivitas menulis sudah menjadi kesehariannya. Paling tidak menulis konsep surat dan laporan. So... itu sudah menjadi modal dasar kita untuk menulis pada blog bisnis anda.
  3. Semua orang bisa menjadi Fotografer. Lihat saja saat ini. Siapa yang tidak bisa memotret? Bermodal handphone, bahkan anak saya yang masih berumur 4 tahun pun sudah bisa memotret apapun disekitarnya, selfie, dan membuat video pendek, menggunakan handphone saya. Itu modal yang cukup untuk menjadi bagian dari postingan-postingan (atikel) dalam blog bisnis seorang pegawai negeri sipil.
  4. Itu SAJA!.
Untuk menjadi seorang blogger, siapapun anda, hanya membutuhkan 3 (tiga) hal itu saja. Pertama adalah laptop dan akses internet, kedua adalah kemauan untuk menulis artikel dan ketiga adalah membuat foto dan video untuk pendukung isi artikel anda. Selanjutnya adalah posting artikel ke blog bisnis.Selesai!

Jika anda bisa melakukan aktivitas menulis,membuat foto-foto pendukung artikel anda dengan baik dan memposting (mengirim) artikel ke blog bisnis anda setiap hari minimal 2-3 artikel saja, maka dijamin dalam beberapa bulan kedepan anda sudah muali merasakan aliran uang masuk ke rekening anda melalui satu sumber uang dari google - adsense.

Mari kita bahas tentang blogger dan adsense.

Blogger dan Adsense

Blogger atau Blogspot adalah sebuah platform website blog yang disediakan oleh GOOGLE secara gratis 100% untuk siapa saja yang ingin menjadi blogger. Anda bisa memanfaatkan fasilitas blogger atau blogspot ini untuk kepentingan bisnis ataupun sekedar untuk menuangkan tulisan-tulisan anda tentang berbagai hal yang anda sukai.
Seperti yang digunakan oleh website ini - Blog Bisnis PNS - menggunakan platform blogger / blogspot. Rencananya, web Blog Bisnis PNS ini tidak akan saya upgrade nama domain nya ke *.com. Saya ingin membuatnya tetap berada pada subdomain bawaan dari blogspot - https://blogbisnispns.blogspot.com
Alasannya, karena saya ingin membuktikan kepada anda, bahwa cukup bermodal platform blog gratisan bawaan google, anda dan saya bisa sukses bersama menghasilkan uang dari bisnis online melalui satu lagi fasilitas gratis dari google, yakni Adsense.
Adsense, adalah salah satu fasilitas pencetak uang bagi para blogger diseluruh dunia yang terbukti membayar mulai dari $100 hingga lebih dari $1,000,000 kepada para publisher nya - dalam hal ini para blogger - dan terus membayar secara rutin setiap bulan.
Adsense adalah program periklanan dari Google yang bisa dimiliki oleh siapa saja - termasuk Anda dan saya - melalui website blog yang Anda bangun. Anda cukup membangun sebuah blog sederhana menggunakan blogger.com dan mendaftarkannya ke Google Adsense. Jika disetujui, maka Anda bisa memasang iklan dari Google Adsense di web blog bisnis anda, dan teruslah menulis pada blog anda. Jika anda aktif menulis, minimal 2-3 artikel baru per hari - tentunya artikel yang original hasil karya sendiri - maka dipastikan dalam 3 hingga 6 bulan ke depan, anda sudah bisa gajian setiap bulan dari Google Adsense. Dan biasanya penghasilan dari Google Adsense dapat terus meningkat, seiring dengan seberapa aktif anda melakukan update blog bisnis anda dengan artikel-artikel terbaru setiap harinya.

Blog Bisnis PNS akan memberikan berbagai tips kepada anda tentang cara-cara membangun website blog bisnis dan cara mudah menulis 2-3 artikel untuk website blog bisnis yang anda kelola.
Hal ini penting untuk dilakukan, karena dengan tetap aktif menulis pada blog anda, maka jumlah pengunjung blog bisa terus bertambah. Dan itu berarti peluang peningkatan nilai gaji dari google adsense juga akan ikut bertambah.

Cara Cepat Membuat Blog Bisnis bagi PNS

Langsung saja. Langkah awalnya adalah memilih blogger sebagai platform blog bisnis anda. Kenapa harus blogger.com? Jawabannya sederhana. Karena dengan menggunakan blogger.com kita membangun website blog bisnis dengan hosting server UNLIMITED, Gratis, Aman dan mudah untuk di optimasi dari segi seo (search engine optimization). Selanjutnya, daftar menggunakan alamat Gmail anda. Jika anda belum memilikinya, silahkan buat akun Gmail yang baru. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih detail lagi.
  1. Tentukan Topik Blog Bisnis Anda. Ini adalah langkah paling awal yang harus diambil, jika kita ingin sukses dalam membangun sebuah blog bisnis yang bisa diandalkan untuk mencetak uang bulanan ratusan hingga ribuan dollar dari blog dan adsense. Pastikan topik yang dipilih sesuai yang anda sukai dan kuasai. Apapun itu, pastikan anda benar-benar tahu tentang topik yang akan anda pilih.
  2. Buat Akun Baru. Pergilah ke website Gmail dot com dan buat akun gmail baru bagi anda. Akun gmail ini selanjutnya akan dapat digunakan untuk semua kepentingan anda dalam membangun blog bisnis dengan menggunakan fasilitas-fasilitas gratis dari google; mulai dari gmail, blogger, adsense, google plus, google adwords, dan berbagai fasilitas gratis dari google.
  3. Tentukan Nama Blog Bisnis Anda. Dengan mengacu pada langkah pertama - memilih topik blog bisnis - langkah penting berikutnya adalah, tentukan nama blog anda. Nama blog disini juga termasuk url subdomain pilihan anda.
    Contoh;
    Anggap saja anda sudah memiliki topik tertentu yang anda kuasai dan senangi, misalnya "Kuliner" - alias "makan-makan". Saya yakin semua orang pasti suka makan. Ini bisa menjadi topik yang bagus. Nah, anda bisa membuka browser anda dan mulai mengetikkan topik blog bisnis anda dan diikuti dengan blogspot.com. Misalnya; makanmakan.blogspot.com atau kulinerlokal.blogspot.com atau bikinngiler.blogspot.com dan seterusnya. Silahkan kembangkan sendiri sesuai imajinasi anda.
    contoh subdomain blogspot yang tersedia
    Contoh subdomain blogspot (blogger) jika tersedia yang bisa anda pilih sebagai alamat blog bisnis, sesuai topik pilihan anda.
  4. Daftarkan Alamat Blog Anda. Pada langkah ke-3 diatas, jika telah menemukan subdomain yang tepat dan anda sukai, segera daftarkan blog tersebut sebagai milik anda. Caranya gampang sekali. Klik pada tombol "Daftar" warna orang tersebut, dan selanjutnya ikuti saja petunjuk selanjutnya dari blogger. Lebih lengkapnya akan kita bahas secara detail pada artikel lainnya di Blog Bisnis PNS ini.
  5. Mulai Menulis. Setelah punya blog bisnis dengan alamat url blog pilihan anda, mulailah menulis artikel pertama anda. Mulai saja. Tulislah sesuatu yang memang sudah menjadi topik pilihan anda. Jika anda masih bingung harus menulis apa, gunakan mesin pencari google untuk mencari dan menemukan tulisan-tulisan dari website blog orang lain, baca dan jadikan mereka sebagai sumber inspirasi tulisan pertama anda. Jangan sekali-kali anda copy paste tulisan dari blog orang lain, karena itu langkah salah paling fatal yang akan dianggap google sebagai blog yang harus di blacklist. So.. tulislah artikel hasil karya anda sendiri.
  6. Konsisten Menulis. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya tadi, aktif-lah menulis, minimal 2 - 3 artikel per hari. Tidak perlu pikirkan soal tampilan blog bisnis anda terlebih dahulu. Itu bisa menyusul. Fokuskan terlebih dahulu pada kegiatan menulis anda, 2 - 3 artikel per hari, tentunya artikel yang original, hasil karya sendiri.
  7. Tambahkan Gambar dan atau Video. Pastikan juga dalam setiap artikel yang anda publikasikan (posting) ke dalam blog bisnis anda berisi gambar atau video anda sendiri. Tentunya gambar atau video yang relevan dengan judul dan isi artikel yang sedang anda tulis. Upload gambar dan atau video tersebut ke dalam artikel. Lihat pada contoh artikel ini, yang berisi gambar pendukung di bagian awal artikel (tepat dibawah judul).
Bila secara rutin menulis dan mempublikasikan 2 - 3 artikel per hari, itu berarti selama 1 minggu pertama anda sudah memiliki 14 - 21 artikel baru, original, hasil karya sendiri. Google akan menyukai blog bisnis anda nantinya.

Pada minggu kedua, kita bisa melakukan perubahan pada tampilan blog bisnis dengan memilih template-template keren yang responsive dan seo friendly, yang bertebaran gratis di dunia blogging. Pergi saja ke google, dan ketikkan kata kunci "template blogspot: seo friendly responsive", maka sederetan hasil pencarian akan ditampilkan google. Kunjungi masih-masing web yang menyediakan template blogspot seo friendly dan responsive. Pilih salah satu yang menurut anda mudah untuk dipasang pada blog anda.
Cara mengganti template blogspot akan saya bahas secara detail dalam artikel tersendiri agar lebih mudah untuk diaplikasikan.

Setelah mengubah tampilan web blog bisnis di minggu kedua, pada minggu ketiga, segera mulai menulis 2 - 3 artikel baru setiap hari untuk tujuan update ke google. Tulis artikel - publikasi - tulis artikel - publikasi. Itulah langkah penting dalam blogging. Lakukan terus secara rutin hingga minggu ke empat.

Pada akhir minggu ke empat di bulan pertama, sediakan satu hari penuh untuk mempromosikan blog bisnis anda. Berikut ini adalah cara mempromosikan blog bisnis anda.

Cara Gratis Promosi Blog Bisnis Yang Bisa Meningkatkan Pengunjung Blog Hingga 1000%

Saya yakin, anda pasti sudah pernah mendengar yang namanya "the power of social media". Ya! Sosial media memiliki kekuatan /power yang paling kuat dalam berpromosi. Anda bisa menggunakan sosial media utama untuk mempromosikan blog bisnis baru anda.
  1. Buat Akun Sosmed Baru. Buatlah akun sosial media baru untuk tujuan mempromosikan blog bisnis anda. Jangan gunakan akun sosial media yang sudah anda miliki sebelumnya. Karena isinya bisa saja terlalu beragam. So... pastikan membuat akun sosial media yang baru untuk promosi blog bisnis. Segera buat akun sosial media; Twitter, Facebook, GooglePlus, Pinterest, Tumblr dan Reddit.
  2. Gunakan Username Relevan. Setelah membuat akun sosial media anda, pastikan juga tentukan username pada masing-masing sosial media tersebut se-relevan mungkin dengan nama blog bisnis anda. Misalnya, nama blog bisnis anda "kuliner lokal bikin ngiler", maka buatlah variasi kata dari nama blog bisnis anda tersebut, sebagai username pada akun sosial media. Tujuannya cuma satu, membuatnya lebih "seo-friendly" atau mudah dikenal oleh search engine; google, bing dan yahoo.
  3. Submit Link Artikel ke Sosmed. Setelah seluruh akun sosmed di setting sesuai petunjuk diatas, inilah saatnya anda melakukan posting link artikel blog ke sosmed. Saya yakin anda pasti sudah pernah melakukannya. So... submit lah seluruh link url artikel blog bisnis anda ke masing-masing sosial media yang dimiliki dan pastikan setiap postingan harus diikuti dengan penggunaan "tagging atau hashtag atau #" yang relevan dengan artikel yang di-submit.
  4. Follow Member yang Relevan. Pilihlah beberapa member pada sosial media yang anda miliki, follow mereka dan sampaikan sedikit komentar agar mereka bersedia follow-back atau bahkan klik dan berkunjung ke web blog bisnis terbaru anda.
  5. Bergabung dengan Forum yang Relevan. Jadilah member aktif dari maksimal 4 forum yang relevan dengan blog bisnis anda. Jangan terlalu banyak bergabung dengan forum-forum yang relevan dengan blog anda, karena itu akan menyusahkan diri sendiri. Paling tidak itu berdasarkan pengalaman pribadi saya. Cukup pilih 4 forum besar dan paling aktif yang membahas berbagai hal yang sesuai dengan topik blog bisnis yang dikelola. Aktiflah berkomunikasi pada ke-4 forum tersebut, minimal 2 minggu sekali.
  6. Posting Artikel. Apabila langkah 1 - 5 telah dilalui, mulailah menulis artikel baru lagi. Berdasarkan pengalaman, pada minggu pertama sampai minggu ketiga, saya selalu aktif menulis 2 - 3 artikel baru, original, hasil karya sendiri, untuk dipublikasi di beberapa blog saya (setiap 1 blog saya posting 2 - 3 artikel per hari). Dan pada minggu ke-empat maen ke akun sosial media dan forum dimana saya aktif disana.

Itulah sekelumit langkah demi langkah yang sudah saya jalani sebagai seorang blogger kelas newbie, yang masih tetap berstatus profesi sebagai seorang pegawai negeri sipil.

Saya memilih blogger.com karena gratis, mudah dikelola dan dipelajari, hosting server yang unlimited dan super aman karena urusan pengamanan telah ditangani oleh google yang terpercaya aman dalam menangani para user-nya.

Selain itu, alasan saya memilih blogger untuk membangun blog bisnis pns ini adalah sebagai langkah pembuktian bahwa web blog bisnis online berplatform blogspot atau blogger.com pun bisa sukses. Terbukti banyak blogger dunia yang bisa mencetak jutaa hingga ratusan juta rupiah per bulan dari google adsense dan blogger gratisan mereka - yakni blogger dot com.

Semoga Blog Bisnis PNS dapat menginspirasi dan memberi semangat baru bagi anda dan saya untuk bersama-sama meraih kesuksesan menerjuni bisnis online melalui fasilitas-fasilitas gratis yang begitu banyak tersedia di internet, mulai dari blogger atau blogspot, google adsense, google plus, twitter, facebook, instagram, pinterest, tumblr, reddit dan masih banyak lagi lainnya.

Terima kasih sudah membaca artikel Blog Bisnis PNS ini.

Temukan Membangun Blog Bisnis bagi PNS untuk Bisnis Sampingan di Google, Bing, Yahoo untuk referensi lebih lanjut atau berbagi artikel ini dengan teman-teman anda di sosial media:

0 Response to "Membangun Blog Bisnis bagi PNS untuk Bisnis Sampingan"

Post a Comment