Blog Bisnis PNS

3 Tips Jitu Agar Artikel Anda Disukai Search Engine dan Pembaca

Rating: 5. Reviewer: Blog Bisnis PNS - Item Reviewed: 3 Tips Jitu Agar Artikel Anda Disukai Search Engine dan Pembaca - Support by: Blog Bisnis PNS. Blog Bisnis PNS adalah media informasi bisnis online bagi pegawai negeri sipil di Indonesia melalui blogging..

3 tips jitu artikel seo friendly dan human friendly
Inilah 3 tips jitu menulis artikel yang seo friendly dan human friendly agar disukai search engine canggih yang sudah mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI).
3 Tips Jitu Agar Artikel Anda Disukai Search Engine dan Pembaca. Bahwa sebagai blogger, kita sangat mengandalkan rangkaian kata menjadi artikel-artikel pada blog bisnis online yang dikelola. Sudah pasti selalu menaruh harapan besar agar postingan artikel-artikelnya mendapatkan pembaca setia yang meningkat dari waktu ke waktu. Demikian juga dengan search engine.

Blog Bisnis PNS kali ini akan menunjukkan bagaimana cara menulis artikel-artikel blog bisnis online anda agar disukai oleh search engine dan pembaca blog anda.

Saya yakin sekali, saat ini kita dapat dengan mudah menemukan berbagai blog bisnis online yang membahas tentang hal ini. Namun saya tetap berharap, apa yang akan disampaikan disini pun dapat menginspirasi anda dalam membuat tulisan-tulisan yang disukai pembaca alias "human friendly" dan juga disukai oleh search engine alias "seo friendly".

Apa itu Artikel yang SEO Friendly.

Seo friendly atau lebih tepatnya "search engine optimization friendly" adalah teknik optimasi yang dilakukan oleh para blogger dalam menulis halaman artikel dan atau mengutak-atik sebuah blog menjadi lebih disukai oleh search engine.

Jika diawal kemunculan website blog, ramai diperbincangkan berbagai tips membangun blog yang seo friendly. Seiring waktu, upaya seo friendly sedikit demi sedikit mengarah pada isi konten blog, yakni; artikel-artikel nya yang nota bene bersifat seo friendly (disukai search engine). Sistem algoritma search engine yang semakin kompleks menuntut para blogger untuk menulis artikel-artikel yang mengikuti format penulis secara terstruktur baik, mengikuti pola algoritma yang dianut search engine. Yakni; mulai dari penulisan judul artikel menggunakan Heading1 (H1), sub judul dengan H2, deskripsi artikel dengan h3, dan seterusnya.

Pola algortima ini, membawa para blogger dan web developer untuk berpikir keras, bagaimana cara agar dalam penulisan artikel-artikel di websie blog bisnis online mereka, mengikuti pola yang dianut oleh search engine.

Hingga pada akhirnya, mulailah bermunculan teknik penulisan artikel yang lebih mengandalkan pola algortima search engine (seperti yang saya urai tadi), tanpa memandang pada sisi humanisnya.
Banyak sekali web blog bisnis online yang berada pada posisi halaman pertama dari hasil pencarian search engine untuk berbagaia kata kunci atau keyword. Namun sayangnya, setelah dikunjungi, halaman webblog-webblog tersebut hanya berisi kumpulan judul dan deskripsi dari artikel-artikel dari website orang lain. Dan seringkali, berisi kumpulan tulisan-tulisan tidak jelas yang sama sekali tidak kita butuhkan.

Pada akhirnya, pola algoritma inipun mulai mendapat kritik dari para pengguna setia search engine itu sendiri. Sehingga, berangkat dari sanalah, hingga hari ini, semua itu berubah. Search engine pun melakukan perubahan-perubahan besar dalam sistem algoritma pencarian mereka.

Search engine kini lebih mengandalkan pola pencarian pada artikel-artikel yang lebih dapat dibaca alias human friendly. Ya! Kini, search engine telah menggunakan sistem algoritma seperti yang dianut oleh AI (Artificial Intelligence). Search engine kini bekerja layaknya "Manusia Robot AI" yang membaca artikel-artikel yang relevan dengan kata kunci yang digunakan oleh user mereka, dan kemudian menampilkan halaman-halaman web yang mendekati 90% relevansi-nya dengan kebutuhan informasi yang anda cari. Hal ini dapat dilakukan karena search engine telah menggunakan sistem algortima artificial intelligence (AI). Dimana algortima AI inilah yang akan bekerja aktif mengunjungi berbagai web yang relevan dengan kata kunci anda, kemudian mem-filter informasi yang didapat apakah benar-benar informasi yang dapat dibaca oleh sipencari (real human), kemudian menyajikan web-web tersebut secara terstruktur pada halaman-halaman hasil pencariannya. Itulah gambaran bagaimana cara kerja search engine hari ini yang menggunakan pola algoritma AI.

Dengan sistem AI dalam pola pencarian yang dilakukan search engine sekarang, apakah kita masih bisa mengandalkan cara penulisan artikel yang "seo friendly"? Sudah tentu masih bisa. Namun tentunya dengan menyesuaikan pola AI yang dianut search engine.

Lantas. Bagaimana caranya agar artikel-artikel yang kita buat bisa seo friendly, namun tetap dapat dibaca dan lebih enak dibaca?

Mudah saja. Mari kita baca lebih lanjut pembahasan berikut ini tentang Artikel yang Human Friendly.

Apa itu Artikel yang Human Friendly.

Artikel yang human friendly adalah artikel-artikel yang enak dibaca dan sesuai kebutuhan yang diinginkan oleh pembacanya. Atau sederhanya, artikel-artikel blog yang anda buat benar-benar dapat dan enak dibaca karena terstruktur baik dalam urutan pembahasannya. Dan yang paling penting dapat memberikan solusi terbaik bagi pengunjung blog yang memang sedang membutuhkannya.

Artikel yang human friendly haruslah mengandung unsur-unsur penting seperti halnya;
1. Mampu memberikan SOLUSI bagi pembaca yang mungkin saja sedang menghadapi masalah atau sedang membutuhkan informasi-informasi penting baginya dalam upaya menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapinya.
2. Artikel yang ditulis Terstruktur dengan baik sehingga memudahkan pembaca dalam membaca dan memahami paragraf demi paragraf. Dimana saat setiap kali satu paragraf selesai dibaca akan membawanya untuk terus membaca paragraf-paragraf selanjutnya, demi mendapatkan kunci solusi baginya sebagai pembaca.
3. Mengandung referensi lanjutan yang relevan dengan artikel tersebut. Hal ini demi memberikan solusi lanjutan kepada pembaca yang masih ingin mendapatkan informasi-informasi lebih mendalam tentang apa yang sudah diperolehnya dari artikel sebelumnya. Referensi artikel lanjutan bisa anda isi dengan artikel-artikel lain dari web blog anda sendiri, maupun dari website blog lain yang relevan.


Setelah mengenal apa itu artikel yang SEO Friendly dan Human Friendly, saya yakin kita akan lebih mudah menemukan cara terbaik dalam menulis artikel-artikel yang dapat mendukung kedua hal itu.

Agar tidak panjang lebar. Langsung saja kita bahas disini tentang 3 tips jitu agar artikel anda disukai search engine dan pembaca website blog bisnis anda. Inilah 3 tips itu...

Tips 1. Tentukan Target Keyword

Tentukan terlebih dahulu target keyword atau kata kunci yang ingin dibidik oleh artikel terbaru anda. Pergi ke google dan ketikkan kata kunci tersebut. Lihat varian kata kunci pendukung dari hasil pencarian yang diberikan oleh google. Scrollouse anda ke bawah halaman hasil pencarian google. Biasaya ada sekitar 10 varian kata kunci pendukung dari kata kunci utama anda. Catat seluruh varian kata kunci pendukung yang diberikan google untuk nantinya akan kita gunakan untuk bagian dari artikel yang akan dibuat.

Mulailah membuat 1 paragraf singkat dari masing-masing kata kunci pendukung yang sudah anda kumpulkan dari hasil pencarian google tadi. Tulis saja dulu, apa yang bisa anda bayangkan dari masing-masingnya. Entah itu hasilnya mungkin akan tampak seperti sebuah pengantar, ataukah sebuah "quote" atau kata-kata bijak", atau apapun itu. Tulis saja dulu sesuai dengan imajinasi dan kemampuan anda dalam merangkai, setiap 1 (satu) kata kunci pendukung, menjadi kalimat-kalimat sederhana yang enak dibaca.

Sebagai contoh, target keyword artikel anda kali ini adalah "blog bisnis online". Pergilah ke google, ketikkan kata kunci blog bisnis online. Dan lihat hasil varian kata kunci yang diberikan di bagian paling bawah halaman hasil pencarian tersebut. Disana anda akan temukan minimal 3 kata kunci varian tentang apa yang anda cari.
Dari apa yang saya temukan dari hasil pencarian terhadap kata kunci blog bisnis online, ada 3 varian kata kunci pendukung yaitu; "contoh blog bisnis online", "blog bisnis terbaik" dan "blogger". Catatan: saya menggunakan handphone Samsung J2 milik istri saya, dan browser chrome untuk searching kayword tadi.
Terlepas dari 3 ataupun 10 kata kunci varian (related searches) yang disajikan oleh search engine, mari kita buat contoh paragraf atas masing-masing kata kunci pendukung tersebut.
Oya, perlu kita ketahui bersama, search engine menyebut sederetan kata kunci pendukung tadi sebagai "related searches" dan saya lebih senang menyebutnya sebagai kata kunci pendukung. Apapun sebutannya, yang terpenting masih dapat dipahami. Okey,.. next... mari kita kembangkan 3 kata kunci pendukung atau related searches tadi menjadi 3 paragraf tersendiri yang nantinya akan kita masukkan dalam artikel baru yang akan kita targetkan dengan keyword "blog bisnis online".
blog bisnis online
Contoh related searches atau kata kunci pendukung yang ditampilkan oleh search engine google untuk kata kunci utama - blog bisnis online.
Membuat paragraf dari varian keyword pertama, "contoh blog bisnis online";
"Dalam membangun sebuah website blog baik untuk tujuan blog pribadi ataupun sebuah blog bisnis, kita dapat terlebih dahulu main ke blog lain sebagai acuan untuk mendapatkan contoh blog bisnis online yang bisa kita pelajari baik dari segi tampilan hingga teknik penulisan dan penyajian artikel-artikelnya. Dengan men-contoh blog bisnis online yang ada - tentunya bukan copy paste - kita bisa mendapatkan gambaran seperti apa nantinya blog bisnis online milik kita sendiri nantinya."

Membuat paragraf dari varian keyword kedua, "blog bisnis terbaik";
"Dengan berkembangnya sistem algortima search engine saat ini, kita akan dengan mudah mencari dan menemukan sederetan blog bisnis terbaik dalam hitungan detik."

Membuat paragraf dari varian keyword ketiga, "blogger";
"Jika dulu saat belum ada internet, kita masih mengandalkan profesi konvensional dalam mencari penghasilan demi menghidupi diri sendiri dan anggota keluarga kita. Kini, dengan adanya internet, ada profesi baru yang dapat menjadi pilihan semua orang, dan dapat dilakukan di rumah dengan jam kerja yang ditentukan sendiri, yakni menjadi seorang blogger. Penghasilan seorang blogger saat ini semakin fantastis saja. Ada blogger yang mampu menghasilkan ratusan hingga ribuan dollar per buannya. Namun ada juga blogger yang lebih mengutamakan kebebasan berekspresi dalam blog pribadi mereka."

Dari ketiga contoh uraian kata kunci pendukung yang telah saya buat diatas, selanjutnya tinggal kita tentukan sendiri masing-masing paragraf tadi akan dimasukkan diurutan keberapa dari keseluruhan artikel yang akan dibuat.

Mudah khan!?

Saya yakin, dengan melihat pada contoh diatas, anda akan lebih mudah mengembangkan lebih dari pada yang mampu saya buat.

Bahkan dari 3 kata kunci pendukung diatas, kita bisa membuat judul artikel kita dengannya. Contoh judul artikel atas pilihan kata kunci "blog bisnis online" diatas;
"3 Contoh Blog Bisnis Online Terbaik dari Blogger Indonesia"
"1 Blog Bisnis Terbaik sebagai Contoh Blog Bisnis Online dari seorang Blogger Dunia"
"2 Contoh Blog Bisnis Online Terbaik dengan Platform Blogger dot com"

..dan seterusnya...

Contoh-contoh diatas semoga bisa menjadi "supplemen" bagi anda dan saya dalam mengembangkan kemampuan menulis berdasarkan related searches yang ditampilkan oleh search engine.

Selanjutnya kita masuk ke tahap berikutnya.

Tips 2. Berikan Solusi.

Seorang blogger kudu selalu memberikan solusi dalam setiap tulisan-tulisan yang dibuatnya. Apapun topik yang dipilih untuk menulis sebuah artikel, berikanlah solusi didalamnya. Atau, paling tidak, buatlah artikel-artikel yang lebih mengandung 2 unsur; permasalahan dan solusi.

Anda punya keahlian dibidang tertentuk. Atau pernah mendapatkan pengamanan atas masalah tertentu dan punya solusi penyelesaiannya? Nah, jadikan itu sebagai topik tulisan anda. Karena bisa saja ada ribuan atau bahkan jutaan orang didunai yang mungkin saja pernah mengalami apa yang pernah anda alami, namun mereka belum menemukan solusinya. Itulah intinya. Jadikan setiap artikel-artikel yang kita buat sebagai salah satu sumber solusi.

Sebagaimana diri anda sendiri. Saat pergi ke search engine, entah itu google, bing atau yahoo, apa yang anda cari?

Apakah sebuah berita?

Bisa dipastikan tidak. Karena jika kita ingin mencari berita, maka kita pasti akan langsung menuju ke website berita andalan yang sudah kita kenal dan kunjungi setiap kali akan mencari berita-berita terbaru.

Sedangkan jika kita ingin mencari sebuah solusi, maka bisa dipastikan - search engine lah tempat paling mudah untuk kita dapatkan solusi cepatnya.
Bener gak!?

So,... jika anda ingin menjadi seorang blogger dan punya keinginan kuat untuk memiliki pembaca setia dan pengunjung tetap dalam jumlah besar, atas blog yang sudah dibangun dengan susah payah dan telah dibayar dengan waktu yang panjang. Maka pastikan blog anda hanya akan anda isi dengan artikel-artikel berkualitas yang dapat memberikan solusi atas suatu permasalahan.

Gambaran sederhananya. Seseorang yang pergi ke search engine, sudah pasti sedang mencari solusi atas permasalahan yang sedang ia hadapi. Entah itu permasalahan harga atas suatu produk. Hingga informasi lengkap tentang produk yang dibutuhkan namun ia tidak memilikinya.

Seseorang yang berkunjung ke search engine selalu saja berada pada keadaan dimana, ia sedang membutuhkan solusi atas suatu hal. Bahwa 90% orang yang menggunakan search engine, membutuhkan solusi.

So. kebayang.. khan!?

Blog bisnis online yang sudah kita bangun dengan susah payah dalam waktu yang panjang, akan jauh lebih berarti, memiliki banyak pengunjung dan pembaca setia, dan menghasilkan, jika mengandung solusi atas sebuah permasalahan. Jika sebaliknya, maka semuanya sia-sia saja.

Jadikan blog anda sebagai sumber solusi bagi para pembacanya.

Sebagai contoh;
semua orang yang pernah menggunakan sepeda motor didunia ini pasti pernah mengalami yang namanya motor mati secara mendadak karena persoalan "busi".
Ini masalah yang sangat sederhana. Tetapi jika kita dapat menguraikan informasi secara utuh tentang "Solusi Ter-Cepat" benerin busi motor saat ditengah perjalanan, maka pasti akan ada jutaan orang dalam setahun yang akan membaca artikel tersebut dari blog anda.
Kenapa saya berani katakan demikian? Karena sekalipun seorang pengendara motor hingga mobil yang sudah bertahun-bertahun aktif menggunakan sepeda motor dan mobil untuk bepergian, pasti pernah mengalami hal ini. Dan seringkali mereka bingung, kikuk, kesal, dan sebagainya ketika hal itu terjadi. Apakah mereka tidak pernah tahu akan hal itu? Apakah mereka tidak tahu cara mengatasi masalah busi yang kotor yang jadi penyebab utama mogok saat diperjalanan? 9 dari 10 pengendara tahu akan hal itu. Tapi kondisi tertentu bisa jadi penyebab seorang pengendara jadi "blank" ketika menghadapi kejadian demikian. Inilah "lubang kunci" permasalahan yang bisa anda berikan solusinya untuk orang lain ketika mengalami kejadian mogok tadi.
Itu hanya salah satu contoh saja. Masih ada jutaan masalah harian lain yang menjadi bagian dari kehidupan manusia. So, silahkan anda temukan permasalahn-permasalahan itu dan berikan solusinya, melalui artikel-artikel dlam blog anda.

Tips 3. Menulis secara Terstruktur.

Apa yang saya maksudkan dengan menulis secara terstruktur? Sederhana saja. Gunakan pola piramida terbalik. Lebar dibagian atas dan mengerucut dibagian terbawah. Itulah bentuk piramida terbalik. Demikian juga dengan pola tulisan yang menggunakan sistem piramida terbalik.

Pola piramida terbalik pada sebuah tulisan akan dimulai dari uraian tentang sebuah permasalahan dan diikuti dengan uraian solusinya. Tentunya semakin kebawah akan semakin mengerucut dalam penyampaiannya.

Itu dari segi pola penulisan uraian masalah dan solusi. Sedangkan dari segiri struktur tulisan bisa kita gunakan teknik penulisan sebagaimana penulisan sebuah buku.

Sebuah buku akan ditulis dengan struktur;
Pengantar, uraian singkat suatu masalah dan solusinya, umumnya terdiri dari 2 - 3 paragraf disetiap awal tulisan.
Bab I, uraian secara utuh suatu masalah, terdiri dari 4 - 5 paragraf berikutnya.
Bab II. solusi atas permasalahan yang sedang dibahas, terdiri dari 5 - 8 paragraf.
Bab III. Kesimpulan, yang membahas ulang secara inti dari keseluruhan tulisan yang sudah dibuat dari bab pengantar, bab i dan bab ii dan informasi-informasi referensi baik dari blog itu sendiri maupun referensi dari website lain. Biasanya terdiri dari 2 - 6 paragraf, tergantung kebutuhan.
Penutup. Berisi informasi penutup yang dapat diisi juga dengan referensi artikel-artikel lain yang relevan atau berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca.

Salah satu contoh website blog yang paling saya sukai dalam hal penulisan artikel yang terstruktur baik adalah PanduanIM.com. Disana kita akan menemukan bagaimana pengelola web blog ini menguraikan sebuah tulisan dengan pola struktur yang sangat baik layaknya sebuah buku. Didukung lagi dengan rangkaian kalimat-kalimat disetiap paragraf yang enak dibaca dan mudah dipahami, serta menarik untuk terus dibaca hingga akhir tulisan. Blog bisnis online besutan blogger "Darmawan" ini telah menginspirasi saya untuk terus mengembangkan setiap tulisan yang saya buat dalam Blog Bisnis PNS ini lebih terstruktur lagi. Saya sendiri masih terus belajar dan berusaha untuk konsisten menulis dengan pola ini. Hal baik memang perlu diikuti.

Artikel yang ditulis secara terstruktur baik, akan dengan mudah dikenal oleh search engine (seo friendly) dan enak dibaca oleh pengunjung blog (human friendly) yang memang sedang mencari solusi atas masalah yang sedang ia hadapi.

Bahkan seorang blogger kawakan sekalipun tetap membutuhkan solusi terbaik yang terus berkembang dalam hal meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung ke blog nya. Oleh sebab itu, tips tentang cara meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung blog selalu mendapat perhatian penting dikalangan blogger dunia. Baik blogger pemula hingga blogger tingkat senior sekalipun terus membutuhkan informasi-informasi ini. Hal ini seiring dengan terus berkembangnya search engine dalam mengembangkan sistem algoritma pencarian mereka yang juga mengikuti keinginan user nya.


Sampai disini, kita dapat melihat, bahwa artikel yang disusun dengan pola seo friendly (lihat contoh yang saya buat diatas) dan human friendly (artikel terstruktur baik), memiliki nilai lebih dibanding artikel sejenis yang dibahas apa adanya secara singkat. Saat ini, artikel-artikel yang dianggap berbobot oleh search engine adalah artikel-artikel yang mendandung kedua unsur tersebut - seo friendly dan human friendly.



Kesimpulan

Teknologi Artificial Intelligence (AI).

Saat ini, search engine menggunakan pola algoritma berbasis artificial intelligence (AI) yang lebih humanis. Dimana setiap hasil pencarian atas sebuah kata kunci akan mengacu pada hasil pencarian yang berisi informasi-informasi yang humanis (human friendly) dengan kandungan varian kata kunci dalam artikel yang lebih humanis pula. Intinya, cara kerja search engine dewasa ini lebih "mendekati unsur humanis" dibanding sekedar sebagai robot atau mesin pencari. Dan tidak menutup kemungkinan, kedepannya, cara kerja search engine akan semakin berkembang lagi, seiring dengan teknologi artificial intelligence (AI) yang digunakan juga semakin canggih.

SEO Friendly masih relevan.

Unsur seo friendly disetiap artikel masih relevan untuk digunakan. Tentu saja dengan cara-cara yang lebih humanis dalam pencantuman teknik seo disetiap artikel. Contoh penulisan artikel yang seo friendly telah saya buat. Silahkan anda kembangkan sesuai imajinasi dan kemampuan merangkai kalimat demi kalimat menjadi paragraf, yang tentunya menarik dan enak untuk dibaca.

Human Friendly.

Pastikan artikel-artikel anda ditulis dengan uraian kata dan kalimat yang lebih santai, enak dibaca dan mudah dipahami dengan cepat. Semakin canggih peradaban didunia online, kecepatan dalam membaca dan memahami sebuah informasi menjadi sangat penting. So, pastikan saja tulisan yang kita buat pada artikel-artikel di blog bisnis online kita mengandung unsur-unsur itu semua.

Artikel Terstruktur.

Gunakan cara yang hampir sama untuk menulis sebuah buka. Ya! Artikel-artikel yang ditulis dalam sebuah blog, dewasa ini, kudu menggunakan pola yang sama dengan menulis sebuah buku. Walaupun tidak perlu sedetail sebagaimana sebuah buku. Namun cara menulis buku bisa kita terapkan dalam menulis artikel untuk blogging. Isi tulisan cukup singkat saja, langsung pada inti permasalahan dan solusi, namun tetap menggunakan struktur penulisan yang baik.


Saya berharap, apa yang disampaikan dalam postingan - 3 tips jitu agar artikel anda disukai search engine dan pembaca - ini dapat menginspirasi kita saat membuat artikel-artikel terbaru untuk website blog bisnis online yang kita bangun. Saya juga mendoakan setiap anda yang sudah membaca sejak paragraf awal hingga akhir dari artikel saya kali ini, diberikan kesuksesan dan rejeki yang melimpah dari Tuhan Yang Maha Esa, Allah Pencipta semesta alam, melalui website blog bisnis online yang anda bangun. Salam sukses untuk anda dan semua orang yang anda cintai dari Blog Bisnis PNS.

Temukan 3 Tips Jitu Agar Artikel Anda Disukai Search Engine dan Pembaca di Google, Bing, Yahoo untuk referensi lebih lanjut atau berbagi artikel ini dengan teman-teman anda di sosial media:

0 Response to "3 Tips Jitu Agar Artikel Anda Disukai Search Engine dan Pembaca"

Post a Comment